Kembangkan Ilmu Bidang Multimedia - BARUDAK SENI COMPUTER

Informasi

Kamis, 28 Mei 2015

Kembangkan Ilmu Bidang Multimedia

Oleh: Okky Adiana
Umum - Selasa, 26 Mei 2015 | 06:42 WIB


INILAHCOM, Bandung - Sebelum menjadi Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), Bascom hanya diikuti mahasiswa dari jurusan tertentu. Kini mahasiswa LPKIA dapat bergabung dan mengembangkan diri bersama Bascom.

Setiap Minggu pagi sejumlah mahasiswa Lembaga Pendidikan Komputer Indonesia Amerika (LPKIA) Bandung berkumpul di satu ruangan kelas untuk mendiskusikan, agenda rutin salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang diberi nama Barudak Seni Computer (Bascom).

Dimulai pukul sembilan pagi, sejumlah mahasiswa ini mulai mendiskusikan program demi program yang akan mereka selenggarakan. Berjumlah sekitar 90 orang, seluruh anggota UKM Bascom ini tampak serius mematangkan setiap agenda yang akan mereka laksanakan.

"Berhubung ini baru ganti kepengurusan, jadi kumpul kita mematangkan agenda yang akan kita laksanakan, misal, bakti sosial (baksos), buka puasa bersama, atau kunjungan ke panti asuhan. Selain diskusi tentang program, kita juga membuka forum, biar kekompakan tetap terjaga. Kita juga harus tahu anggota ini maunya seperti apa untuk Bascom ini," papar Ketua Bascom ke XVII, Dedi Mulyana, saat ditemui INILAH di Kampus LPKIA Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Jumat (22/5).

Dia menjelaskan, Bascom adalah salah satu UKM di Kampus LPKIA yang bergerak di pengembangan bidang multimedia. Berdiri pada 1999 lalu, Bascom kini sudah memiliki sebanyak 17 angkatan. Sebelum menjadi UKM, mereka adalah komunitas multimedia yang berada di dalam ruang lingkup kampus LPKIA.

"Dulu sih, anggotanya cuma tiga orang. Kita jadi UKM juga baru tahun lalu, kita itu awalnya sub Himpunan Mahasiswa (Hima). Dulu itu yang masuk Bascom enggak semua jurusan bisa hanya jurusan tertentu aja, tapi semenjak jadi UKM mahasiswa dari semua jurusan sekarang bisa masuk jadi anggota Bascom," terangnya.

Dia menambahkan, UKM Bascom memiliki sebanyak lima divisi, seperti, divisi inti yang berfungsi memonitoring semua program kerja setiap divisi. Divisi software adalah mereka yang bergerak di bidang software, misalnya saat mereka memiliki kegiatan workshop atau seminar, nantinya mereka yang akan membuat program tersebut.

Divisi animasi antara lain membuat video opening di sebuah kegiatan, membuat game, animasi 3D, dan lainnya.

Divisi hardware, divisi ini lebih mengembangkan ke bagian perangkat kerasnya, meski mereka belum sepenuhnya menguasai tentang hardware, namun mereka bisa mengembangkan perangkat-perangkat baru.

Sementara divisi kelima adalah, divisi Humas, divisi ini tugasnya memberikan informasi kepada seluruh anggota Bascom, jika mereka memiliki satu agenda ataupun hal lainnya yang berhubungan dengan UKM ini.

"Jadi sebagai UKM Bascom ini telah menjadi sebuah wadah yang berusaha menginspirasi mahasiswa LPKIA. Mereka punya minat dan hobi di bidang multimedia. Sebelum masuk Bascom, anggota baru harus ikut pelatihan, dari pelatihan ini kita melihat mereka itu cocoknya di divisi apa, kan kita ada platihan software, animasi dan lainnya, nanti kita arahkan," ujarnya.

Menurut data yang tercatat, saat ini mereka memiliki sebanyak 90 anggota dari berbagai jurusan yang ada di LPKIA. Para mahasiswa anggota Bascom berasal dari Jurusan Teknik Informatika, Manajemen Informatika, Multimedia Desain Grafis, Administrasi Bisnis, Adminstrasi Perkantoran, Komputer Perpajakan dan Komputer Perbankan.

"Ya, anggota kita hampir dari semua jurusan. Kalau kumpul juga rata-rata semuanya hadir. Paling kalau yang tidak hadir mereka yang sakit," terangnya.

Dia menilai, sejauh ini perkembangan Multimedia sendiri di Indonesia cukup bagus. Terbukti banyaknya film, ataupun games dan lainnya yang bisa menarik minat masyarakat akan bidang multimedia. Selain itu, banyak masyarakat yang mengambil profesi di bidang multimedia. "Contohnya Youtubers. Pendapatan dari Youtebers juga menurut saya sangat mencukupi," terangnya.

Meski kendala utama mereka tidak memiliki sebuah ruangan khusus untuk berkegiatan, namun semangat anak-anak muda ini untuk mengembangkan di bidang multimedia sangat antusias. "Kendalanya sih, hanya ruangan aja," ucapnya.

Dedi Mulyana berharap, Bascom bisa jauh lebih baik lagi dari segala bidangnya, baik itu Sumber Daya Manusia (SDM) ataupun program-program yang dijalankannya pun bisa jauh lebih bermanfaat, baik untuk diri sendiri ataupun bagi masyarakat luas.

"Jadi saya ingin ketika mereka sudah keluar dari Bascom, mereka bisa mengembangkan ilmunya dan bisa menghasilkan sesuatu dan bermanfaat bagi banyak orang," pungkasnya. (rey)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar